Bentuk Disiplin Siswa lewat Pramuka

Bentuk Disiplin Siswa lewat Pramuka

Bentuk Disiplin Siswa lewat Pramuka

 Sebagai upaya membentuk disiplin siswa, Sekolah Menengah Atas (SMA) Widya Nusantara (WINUS) melatih siswanya melalui kegiatan perkemahan dan pramuka dibilangan Sentul,  Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI,

ekstrakulikuler pramuka wajib diikuti oleh seluruh siswa, demikian dikatakan oleh kepala sekolah SMA WINUS, Sri Rohimi kepada Radar Bekasi.

Sebanyak 277 siswa SMA tersebut dilatih oleh beberapa instruktur hasil kerjasama antara SMA WINUS Kota Bekasi dengan Koramil 703 dan Kwartir Ranting (KWARRAN) pramuka Rawalumbu Kota Bekasi. Ratusan siswa tersebut diberikan serangkaian materi diantaranya adalah Peraturan Baris Berbaris, Wawasan Kebangsaan, Sejarah Pramuka, tanda kecakapan khusus serta game yang sengaja disiapkan oleh panitia.

“Intinya sebagai pemenuhan Permendikbud nomor 63 tahun 2012. Pramuka adalah ekstrakulikuler wajib untuk siswa, SMA kelas X dan XI,“ ungkapnya.

Dengan diberikannya serangkaian materi dan games yang melatih kekompakan serta

kepedulian tersebut, Sri Rohimi berharap siswanya dapat memiliki disiplin yang tinggi serta mempu untuk bekerjasama sehingga dapat tumbuh menjadi kader bangsa yang memberikan kontribusi besar dalam membangun NKRI.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulis, berdisiplin tinggi serta mampu bekerjasama dengan baik sehingga akan tumbuh menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,”imbuhnya.

Kegiatan demikian secara rutin dilaksanakan oleh  SMA WINUS Kota Bekasi

dalam mendidik siswanya, pendidikan yang diberikan tentunya tidak cukup hanya pada wilayah akademis namun dirasa penting untuk memberikan pendidikan karakter dan pengembangan pola pikir. Pada tahun ini kegiatan dilaksanakan di bumi Kepanduan Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Baca Juga :