Efisiensi Penghapusan Cacat

Table of Contents

Efisiensi Penghapusan Cacat

Efisiensi Penghapusan Cacat

Efisiensi Penghapusan Cacat

Metrik kualitas yang memberikan manfaat pada tingkat proyek dan tingkat proses adalah efisiensi penghapusan cacat (DRE-Defect Removal Efficiency). Pada dasarnya DRE adalah mengukur kemampuan penyaringan jaminan kualitas dan aktivitas kontrol ketika keduanya diteraperangkat kerasan pada semua aktivitas kerangka kerja proses.

DRE = E/(E+D), dimana

E = Σ kesalahan yang ditemukan sebelum perangkat lunak dikirim kepada pemakai akhir,

D = jumlah cacat yang ditemukan setelah pengiriman,

Nilai idealnya adalah 1, dimana tidak ditemukan adanya cacat pada perangkat lunak. Secara kenyataan, D akan lebih besar dari nol, tetapi nilai DRE masih dapat mendekati 1 jika E bertambah. Jika E bertambah, maka kemungkinan besar nilai akhir D akan berkurang(kesalahan disaring sebelum menjadi cacat).

MENYATUKAN METRIK-METRIK DALAM PROSES PERANGKAT LUNAK

Pengukuran memberikan manfaat pada tingkat strategik, pada tingkat proyek, dan tingkat teknis. Jika proses pengembangan perangkat lunak dapat ditingkatkan, maka akan diperoleh pengaruh langsung kepada lini dasar. Tetapi untuk dapat menetaperangkat kerasan tujuan untuk peningkatan, maka status saat ini dari pengembangan perangkat lunak harus dipahami. karena itu digunakan pengukuran untuk membuat baseline proses. Baseline berfungsi sebagai basis untuk estimasi. Kumpulan metrik kualitas memampukan organisasi mengaktifkan proses rekayasa perangkat lunaknya untuk menghapus penyebab vital few dari cacat-cacat yang paling besar pengaruhnya terhaadap pengembangan perangkat lunak.

Kumpulan data membutuhkan investigasi historis terhadap proyek-proyek sebelumnya untuk menyusun kembali data yang diperlukan. komputasi metrik dapat dilakukan setelah ukuran-ukuran dikumpulkan. Tergantung luasnya ukuran yang dikumpulkan, metrik dapat menjangkau banyak metrik LOC atau FP serta metrik kualitas dan orientasi proyek lainnya. akhirnya, metrik harus dievaluasi dan diteraperangkat kerasan selama estimasi, kerja teknis, kontrol proyek dan peningkatan proses. Evaluasi metrik memfokuskan pada alasan-alasan mendasar untuk hasil yang diperoleh dan membuat sekumpulan indikator yang memandu proyek atau proses.

Baca Juga :