Instagram Luncurkan Pembaruan untuk Amankan Akun yang Diretas

Instagram Luncurkan Pembaruan untuk Amankan Akun yang Diretas

Instagram Luncurkan Pembaruan untuk Amankan Akun yang Diretas

Instagram memahami bahwa kehilangan akses akun Instagram merupakan

pengalaman yang tidak menyenangkan. Karena itu, Instagram terus berupaya mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya peretasan (hacking), serta membantu pengguna memulihkan akun mereka yang diretas.

Terkait dengan hal itu, Instagram baru-baru ini telah mengumumkan beberapa pembaruan fitur untuk mengamankan akun yang diretas. Tidak hanya membantu pengguna untuk mengambil alih akunnya, Instagram juga meluncurkan cara untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna tetap aman.

Uji coba kemampuan untuk memgambil alih akun yang diretas, pengguna dapat mengakses fitur

ini jika Instagram mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akun Instagram miliknya. Atau pengguna mengetuk “Masalah Login?” pada halaman “Lupa kata sandi?”.

Selanjutnya, Instagram akan meminta pengguna untuk memasukkan beberapa informasi personal, seperti alamat e-mail dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram miliknya. Atau, pengguna juga dapat memasukkan nomor telepon miliknya yang digunakan saat mendaftar Instagram.

Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode 6 angka ke kontak informasi yang pengguna pilih.

Dengan begitu, pengguna dapat kembali mengambil alih akses akun yang dimilikinya. Jadi, pengguna tak lagi perlu khawatir ketika akun Instagram miliknya diretas olah orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak berhenti sampai disitu, ketika pengguna telah berhasil mengakses akun yang dimilikinya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan. Ya! Ini dilakukan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirim ke alamat e-mail maupun nomor telepon pengguna.

Melalui uji coba fitur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun pengguna telah diubah oleh peretas. Dijanjikan, Instagram akan terus berupaya untuk meningkatkan fitur ini.

 

Baca Juga :