Kandungan Tequila Baik untuk Tulang

Kandungan Tequila Baik untuk Tulang

Kandungan Tequila Baik untuk Tulang

SELAIN sebagai bahan pembuat minuman tequila, tanaman agave

dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Studi yang dilakukan tim peneliti Center for Research and Advanced Studies (Cinvestav) asal Meksiko menyatakan zat fruktan dalam varietas agave biru mampu

meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium.

Dalam penelitian tersebut, tim melakukan uji konsumsi fruktan pada tikus betina yang telah diangkat ovariumnya untuk menginduksi osteoporosis. Setelah delapan minggu, tikus yang mengonsumsi fruktan mensintesis hampir 50% mineral dan osteocalcin. Osteocalcin merupakan protein indikator dalam produksi tulang baru. Selain itu, tikus tersebut memiliki diameter tulang yang lebih besar.

Dalam prosesnya, fruktan bersinergi dengan mikroba

di usus besar dan membentuk rantai pendek asam lemak. Kerja sama itu menyerap mineral di saluran tersebut dan mengangkutnya melalui sel-sel tubuh. International Osteoporosis Foundation melaporkan 200 juta orang di seluruh dunia menderita osteoporosis. Artinya, setiap satu dari lima kasus patah tulang pada individu berusia di atas 50 tahun merupakan kasus osteoporosis. Karena itu, tim peneliti berharap zat yang terkandung dalam agave dapat dijadikan bahan obat alternatif osteoporosis.

 

sumber :

https://ppidkabbekasi.id/legions-apk/