OVERVIEW TENTANG FUNGSI ATESTASI, ASSURANCE, DAN AUDIT

OVERVIEW TENTANG FUNGSI ATESTASI, ASSURANCE, DAN AUDIT

OVERVIEW TENTANG FUNGSI ATESTASI, ASSURANCE, DAN AUDIT

Atestasi adalah komunikasi tertulis yang mencerminkan suatu kesimpulan tentang keandalan dari suatu asersi yang menjadi tanggungjawab pihak lain. Jasa Atestasi merupakan jasa yang mengeluarkan komunikasi tertulis yang menyatakan suatu kesimpulan tentang keandalan asersi tertulis yang menjadi tanggungjawab manajemen.
Assurance adalah jasa profesional yang diberikan oleh pihak independen yang dapat memperbaiki kualitas informasi, atau suatu makna untuk pengambilan suatu keputusan.
Auditing adalah suatu proses sistematik tentang pengumpulan dan evaluasi bukti yang objektif dari suatu asertasi tentang kegiatan ekonomi dengan tujuan pelaporan perbedaan antara asertasi dengan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

1.2 PROSES AUDIT
Proses audit terdiri dari:
1. Perencanaan dan perancangan pendekatan Audit
2. Pengujian atas pengendalian dan pengujian subtantif atas transaksi
3. Pelaksanaan prosedur analisis dan pengujian terinci atas saldo
4. Penyelesaian audit dan penerbitan laporan audit

1.3 STANDAR PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK
Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) adalah kodifikasi berbagai pernyataan standar teknis yang merupakan panduan dalam memberikan jasa bagi Akuntan Publik di Indonesia. SPAP dikeluarkan oleh Dewan Standar Profesional Akuntan Publik Institut Akuntan Publik Indonesia (DSPAP IAPI). Tipe Standar Profesional ada lima, yaitu:
Standar Auditing, adalah sepuluh standar yang ditetapkan dan disahkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), yang terdiri dari standar umum, standar pekerjaan lapangan, dan standar pelaporan beserta interpretasinya. Standar auditing merupakan pedoman audit atas laporan keuangan historis.
Standar Atestasi. Standar atestasi membagi tiga tipe perikatan atestasi (1) pemeriksaan (examination), (2) review, dan (3) prosedur yang disepakati (agreed-upon procedures)
Standar Jasa Akuntansi dan Review, memberikan rerangka untuk fungsi non-atestasi bagi jasa akuntan publik yang mencakup jasa akuntansi dan review
Standar Jasa Konsultansi, merupakan panduan bagi praktisi (akuntan publik) yang menyediakan jasa konsultansi bagi kliennya melalui kantor akuntan publik. Dalam jasa konsultansi, para praktisi menyajikan temuan, kesimpulan dan rekomendasi.
Standar Pengendalian Mutu, memberikan panduan bagi kantor akuntan publik di dalam melaksanakan pengendalian kualitas jasa yang dihasilkan oleh kantornya dengan mematuhi berbagai standar yang diterbitkan oleh Dewan Standar Profesional Akuntan Publik Institut Akuntan Publik Indonesia (DSPAP IA

Baca Juga :