Parade Kain Nusantara dari 5 Desainer

Parade Kain Nusantara dari 5 Desainer

 

Parade Kain Nusantara dari 5 Desainer

Kain Nusantara

1up-mushroom.Net – Keindahan kain dari berbagai penjuru nusantara menjadi modal sekaligus memiliki nilai jual bagi UMKM di bidang fashion. Apalagi jika memanfaatkan platform digital yang memberikan akses pemasaran yang menjangkau seluruh dunia secara online.

Hal tersebut yang juga tema pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital” yang digelar 12-14 Juli 2019 di Jakarta Convention Center. Salah satu langkah yang diinisisi Bank Indonesia sebagai penyelenggara dari segi pemasaran adalah menghubungkan UMKM dengan tiga pihak.

International buyer

Yaitu international buyer, korporasi skala global, dan desainer yang memiliki akses ke pasar internasional. Sebab itu BI menyuguhkan Parade Nusantara yang menampilkan karya dari lima desainer Indonesia terbaik yang mengolah kain Indonesia menjadi koleksi menarik dan berdaya jual.

Mereka adalah Toton Januar yang merancang busana dengan kain tenun NTB, Dian Pelangi lewat batik Banten, Ria Miranda berkreasi dengan kain batik Kudus, Tuduy Adib mengeksplorasi kain Endek Bali, dan Didi Budiardjo bermain dengan kain ulos Sumatera Utara. Selain itu beberapa desainer lainnya seperti Ferry Sunarto, Itang Yunasz, dan Jenahara juga ikut mempresentasikan busana rancangannya.

Produksi UMKM

Mereka menunjukkan jika produksi UMKM daerah bisa digunakan oleh desainer kelas nasional maupun internasional dan memiliki potensi pasar yang besar. Selain fashion, KKI 2019 juga diikuti oleh 370 UMKM yang terdiri dari kerajinan dan kuliner.

“BI mendorong inovasi dan pemasaran terhadap 898 UMKM mitra binaan, 91 di antaranya telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp1,4 triliun dalam satu tahun terakhir dan lebih dari 355 UKMK telah memandaatkan platform digital dalam pemasarannya,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam sambutan pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, (12/7).

Pameran yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo

Pameran yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini juga menggelar rangkaian talkshow dan workshop. Di antaranya Talkshow “UMKM Menembus Pasar Internasional” bersama Direktur Bank Indonesia dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Demo Masak bersama Chef Juna Rorimpandey dan Coffee Talk “Dialog Aroma Kopi dan ADG Bank Indonesia bersama Katon Bagaskara dan Expert Kopi“

Dengan berbagai kegiatan pada pameran KKI 2019 diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap produk UMKM kreatif Indonesia. Selain itu, meningkatkan potensi pasar industri kreatif dengan sasaran kaum muda dan wanita aktif dinamis, serta mendorong lahirnya pelaku usaha yang inovatif dan semakin go export dan go digital.

Artikel Terkait :