Pemkot Bandung Optimalkan Lulusan ISBI Bandung Jadi Guru Seni

Pemkot Bandung Optimalkan Lulusan ISBI Bandung Jadi Guru Seni

Pemkot Bandung Optimalkan Lulusan ISBI Bandung Jadi Guru Seni

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menyatakan lulusan Instittut

Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dioptimalkan untuk mengajar di SD dan SMP yang langsung berkerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung. Maka dari itu, mahasiswa ISBI perlu diberikan kursus singkat mengenai ilmu pengajaran yang diperlukan untuk menjadi guru atau yang lebih dikenal dengan pedagogi.

Sekda Jabar, turut mengatakan mempelarai psikologi pendidikan sebelum menjadi guru sekolah adalah hal yang penting. “Guru seni amat dibutuhkan di sekolah tetapi pada umumnya setiap sekolah hanya membutuhkan satu guru seni saja,” ujarny saat membuka Seminar Nasional Break Discussion Rapat Kerja Nasional dan Perfomance Art, Gedung Sunan Ambu Kampu ISBI, seperti yang dilansir Pikiran Rakyat, Selasa (12/3/2019).

Tak hanya itu, Rektor ISBI Bandun Een Herdiani turut menyatakan jika lulusan ISBI

memiliki kemampuan di bidang seni. Tetapi lantaran tidak mempelajari pedagogi sehingga sebagian bsesar lulusan ISBI tidak dapat menjadi pengajar disekolah.

“ISBI Bandung telah membuka komunikasi dengan Pemkot Bandung melalui Dinas Pariwisata dan MOU akan segera dilaksanakan untuk menyerap alumni ISBI sebagai pengajar di setiap sekolah baik di SD bahkan di SMA,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor ISBI Bandung bahwa sebagian besar alumni dari kampu seni

ini banya memilih profesi sebagai wirausaha di bidang seni. Namun, Pemkot Bandung akan menjadikan hal ini sebagai proyek percontohan dengan membekaloo program studi mata kuliah kewirausahaan agar bisa mengembangkann usaha kreatif.

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/