Pramuka Lahirkan Generasi Unggul

Pramuka Lahirkan Generasi Unggul

Pramuka Lahirkan Generasi Unggul

Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) mempunyai tanggung jawab sebagai pembina

untuk melatih atau melahirkan generasi-generasi muda unggulan bangsa melalui pendidikan Praja Muda Karana (pramuka).

”Kenapa dengan pendidikan Pramuka, karena memang Pramuka itu ada programnya di seluruh Indonesia, di seluruh wilayah republik ini, baik itu di kemasyarakatan di RT/RW, maupun di sekolah-sekolah,” ujar Budi Waseso dalam siaran persnya.

Untuk masa bakti 2018 sampai dengan 2023, lanjut Budi Waseso, dirinya harus membuat

program kerja sesuai dengan amanah dari negara yaitu membina generasi muda Indonesia ke depan melalui kegiatan Pramuka.

”Oleh sebab itu, saya menyusun satu kerangka organisasi di Pramuka atau di kepengurusan di kwarnas yang bidangnya adalah secara menyeluruh bidang itu berkaitan dengan program pemerintah,” ujar Buwas panggilan akrab Budi Waseso.

Lebih lanjut, Kakwarnas menyampaikan, nanti ada wakil ketua-wakil ketua, ada bidang-bidang di bawah wakil ketua itu yang langsung membidangi bidang-bidang khusus dimana nanti akan berhubungan langsung dengan kementerian/lembaga yang terkait.

”Jadi sekarang, tadi SK-nya dari Pak Presiden itu sudah ikut memutuskan bahwa pembina,

contoh, nanti pembina pelatihan pemuda pertanian di Pramuka, itu akan ditanggungjawabkan kepada Menteri Pertanian, Menteri Desa, Menteri Koperasi di antaranya itu,” tambah Buwas yang juga menjabat sebagai Dirut Bulog.

Jika berkaitan dengan program ketahanan nasional, lanjut Kakwarnas, nanti Menhan di antaranya, TNI, Polri, Kapolri dengan Panglima TNI.

”Itu termasuk dalam surat keputusannya Presiden yang tadi penjabarannya dibacakan,” katanya.

Berkaitan dengan pelatihan-pelatihan yang lain kemampuan generasi muda, umpamanya berwiraswasta di Pramuka, tambah Budi Waseso, itu akan dilakukan oleh orang-orang yang kompeten.

”Nanti ada pelatihannya. Dimana pelatihannya, itu nanti kita punya pusdiklatnas yang ada di Cibubur. Bagaimana sistemnya, kita akan membuat kader-kader nanti yang kita training di situ menjadi kepanjangan tangan kita untuk program kewilayahan baik itu di daerah provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, desa sampai ke RT-RW,” ujarnya.

 

Sumber :

https://t.me/s/dosenpendidikan