Yayasan Hang Tuah Miliki Sekolah Ramah Anak

Yayasan Hang Tuah Miliki Sekolah Ramah Anak

Yayasan Hang Tuah Miliki Sekolah Ramah Anak

Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya kini memiliki 2 (dua) Sekoah Dasar dengan sebutan SD Ramah

Anak Kota Surabaya, dimana deklarasinya dilaksanakan oleh Pengawas Pembina Kota Surabaya Drs. Madianto yang berlangsung di SD Hang Tuah 8 Karang Pilang Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

Kegiatan Deklarasi SD Ramah Anak tersebut dilaksanakan dalam sebuah upacara bendera di halaman sekolah SD Hang Tuah 8 Karang Pilang yang diikuti 193 siswa terdiri dari siswa kelas1-6. Deklarasi ini juga di hadiri komite sekolah Ibu Sumanto serta Bhabinkamtibmas Polsek Karang Pilang Surabaya Bripka Sido Sucahyo, S.Psi.

Pengawas Pembina Sekolah Tingkat Dasar Kota Surabaya Drs Madianto, M.Pd menyebutkan

bahwa proses pembelejaran mengedepankan adanya kesetaraan, tidaka ada diskriminasi diantara anak, juga tidak terjadi pembulian di sekolah baik oleh pihak sekolah maupun sesama siswa, juga bebas rokok dan narkoba. Harapannya sekolah- sekolah di Kota Surabaya nantinya menjadi sekolah ramah anak untuk menuju Surabaya menjadi Kota Layak Anak.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Hang Tuah 8 Karang Pilang Yuliah Rohmiyati, S.Pd mengatakan, ada 2 sekolah SD di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya yang menjadi sekolah ramah anak, yaitu SD Hang Tuah- 8 dan SD Hang Tuah- 6 dan SD Hang Tuah- 6.

Yuliah Rohmiyati yang sudah berpengalaman selama 11 tahun menjadi Kepala Sekolah di SD HT 8

, “Deklarasi sekolahnya menjadi sekolah ramah anak menjadi pengalaman yang membanggakan. Namun ada beberapa indikator yang wajib dilaksanakannya”, ujarnya.

Dari pihak Polsek Karang Pilang yang hadir Bripka Sido Sucahyo yang dapat dihubungi secara terpisah, turut mengapresiasi atas terlaksananya deklarasi sekolah ramah anak, karena dengan adanya deklarasi tersebut dapat diharapkan anak bisa mengetahui jenis dan bentuk narkoba dan sebagai siswa agar mewaspadai apabila ada orang yang tidak dikenal memberi barang atau makanan agar menolaknya , antisipasi peredaran narkoba bisa melalui makanan dengan tujuan menghancurkan generasi penerus bangsa

Indikator lain terkait sekolah ramah anak yaitu antisipasi terjadinya pelecehan seksual dan tindak kekerasan pada anak dengan sasaran anak, diharapkan anak bisa mengetahui apabila ada orang yang tidak dikenal mengajak maupun membujuk-rayu dengan imbalan tertentu agar menolaknya selain itu diharapakan apabila anak merasa tertekan agar berteriak sekeras-kerasnya. ***

 

Sumber :

https://gumroad.com/l/fbadstutorials